Kurma, Bermanfaat Melancarkan Kehamilan dan Persalinan dan Segudang Manfaat Lainnya

Buah kurma adalah salah satu buah yang terlama dan saat inipun masih dibudidayakan, Guys! Buah Kurma mulai dibudidayakan sejak 6000 tahun sebelum Masehi.  Buah kesayangan Rasulullah ini merupakan salah satu buah yang paling manis dan memiliki beragam manfaat, lho, Guys!  Salah satu manfaatnya adalah melancarkan kehamilan dan persalinan, selain itu juga kurma juga mengandung segudang manfaat buat kesehatan jantung, otak, pencernaan, pernapasan, dan lain-lain.

Mengapa ya Buah Kurma memiliki beragam manfaat, ya Guys? Karena Kurma memiliki banyak kandungan nutrisi penting, menurut www.doktersehat.com
Sumber: pngdownload.id

Kandungan Nutrisi Kurma

Kandungan nutrisi kurma per-100 gram Kurma adalah sebagai berikut:
1. Kandungan serat 6.7 gram, RDA (Recomended Dietary Allowances) atau AKG (Angka Kecukupan Gizi) sebesar 27%
2. Kalium 696 miligram, AKG 20%
3. Tembaga 0,4 miligram
4. Mangan 0,3 miligram
5. Magnesium 54 miligram
6. Vitamin B6, 0,2 miligram

Namun, karena kurma mengandung zat gula yang cukup tinggi, yaitu 66,5 gram per-100 gram kurma, maka dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi zat gula dari makanan lainnya.

Manfaat Buah Kurma

Buah Kurma memiliki manfaat yang besar terhadap kehamilan dan persalinan, lho, Guys!  Hal ini dibuktikan dari hadits Rasulullah Muahmmad SAW yang isinya:
Sumber: pngdownload.id

"Berilah makan buah kurma kepada istri-istrimu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu makan buah kurma, niscaya anak yang lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun, serta cerdas.  Sesungguhnya makanan Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa adalah buah Kurma.  Sekiranya Allah menjadikan suatu buah yang lebih baik daripada kurma, maka Allah akan memberikan buah itu kepada Maryam." (H.R. Bukhari).

Hal ini diperkuat juga, lho, dengan hasil riset tentang konsumsi kurma bagi wanita hamil di Universitas Sains dan Teknologi. Para periset meneliti 69 wanita selama satu tahun dan satu bulan, dengan hasil penelitian menyatakan, bahwa mengkonsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan, secara signifikan mengurangi kebutuhan akan induksi dan melancarkan persalinan.  

Selain itu, buah kurma juga memiliki banyak manfaat lainnya, lho, Guys!, seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat pada kurma juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, lho, Guys!

2. Mengurangi Resiko Stroke

Menurut hasil penelitian yang tercantum di American Journal of Clinical Nutrition, yang didapat dari mengevaluasi 7 penelitian yang diterbitkan selama periode waktu 14 tahun.  Hasil penelitian menyatakan bahwa resiko stroke berkurang sebesar 9% untuk setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi seseorang per-hari.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian, seperti yang tercantum pada JAMA Internal Medicine, menyatakan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup menghasilkan peningkatan kinerja otak dan nilai test yang lebih baik.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Magnesium dan potasium, zat yang terkandung dalam kurma dapat mengurangi tekanan darah.

5. Anti Inflamasi

Kurma mengandung magnesium, mineral yang terkenal dengan anti inflamasi.  Selanjutnya peradangan di dinding arteri juga berkurang dengan asupan magnesium.  Zat ini juga secara efektif mengurangi penyakit kardiovaskular, alzheimer, artritis, ataupun penyakit akibat peradangan lainnya menuru suatu studi yang dicantumkan oleh www.doktersehat.com.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam kurma meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat buang air besar teratur.  Serat pada kurma juga mengurangi resiko kanker usus besar, kolitid, dan wasir.

Manfaat Kurma Lainnya

Beberapa manfaat kurma lainnya:

a. Meningkatkan kesehatan pernapasan
b. Menyembuhkan diare
c. Mengobati impotensi
d. Mengobati anemia kekurangan zat besi, dan
e. Satu hal yang disukai para wanita,yaitu penurunan  berat badan,

Guys, itulah segudang manfaat yang dimiliki oleh buah kurma, termasuk manfaat terhadap kehamilan dan proses persalinan bayi.  So, mumpung bulan Ramadhan, mulailah disiplin menyantap buah kurma untuk kita, Guys!

Guys, bagaimana pendapat kalian tentang segudang manfaat dari buah kurma ini? Tolong tulis di kolom komentar, ya Guys!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar