Nyamuk, Keunikannya, dan Cara Meminimalkan Perkembangannya

Nyamuk adalah hewan yang termasuk dalam kelompok serangga.  Nyamuk termasuk hewan yang dihindari oleh manusia, karena hobinya menggigit manusia.  Untuk itu, yuk, kita bahas tentang keunikan dan cara meminimalkan perkembangan nyamuk.

Sumber: Pixabay.com

Apa ya, keunikan nyamuk, Guys?

1.  Nyamuk Betina yang sering Mengisap Darah


Nyamuk betina lebih sering mengisap darah, karena memerlukan protein yang terdapat dalam darah untuk bertelur.   Ternyata, Guys, baik nyamuk betina, maupun nyamuk jantan hanya memakan nektar bunga, tidak memakan darah, darah hanya diambil proteinnya untuk bertelur.

Sumber:pngdownload.id

2. Meninggalkan Air Liur

Pada menggigit, maka nyamuk akan mengeluarkan air liurnya untuk mencegah darah yang diisap mengalami pembekuan.  

3. Memiliki 47 buah gigi dan 100 mata pada kepalanya

Nyamuk yang ukurannya sangat kecil, Guys, memiliki 47 buah gigi dan 100 mata, lho! Banyak, kan?  Dengan 100 mata, maka nyamuk bisa melihat ke segala arah, lho, Guys!

4. Memiliki usia hidup yang singkat

Nyamuk jantan hidup selama 5-7 hari.  Nyamuk betina hidup selama 2 sampai dengan 4 minggu.  Beberapa jenis nyamuk, memiliki usia yang lebih panjang, karena pada saat musim dingin mereka melakukan hibernasi.

5. Kecepatan Terbang

Guys, nyamuk memiliki kecepatan terbang antara 1 sampai dengan 1,5 mil per-jam.  Nyamuk terbang tidak jauh dari tanah, lho guys, dan nyamuk betina tidak akan terbang lebih dari 1 mil dari sarang telurnya, lho!

6. Bisa Mendeteksi Manusia dalam jarak 10 meter

Tahukah, Guys, nyamuk memiliki alat untuk mendeteksi Karbondioksida (CO2), lho!  Sehingga dalam jarak 10 meter mengetahui keberadaan manusia yang bernafas dan mengeluarkan CO2.

Nyamuk bisa mendatangkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, Malaria, Zika dan Chikungunya.  Oleh sebab itu, kita harus meminimalkan perkembangan nyamuk, lho, Guys!  Terlebih pada saat musim panas, karena nyamuk suka dengan suhu panas dan warna gelap.

Meminimalkan Perkembangan Nyamuk

Bagaimana ya meminimalkan perkembangan nyamuk di lingkungan sekitar kita?

1. Lakukan 3 M 

Hal ini dilakukan dengan cara menguras, menutup dan mengubur.

Menguras, yaitu dilakukan dengan menguras serta menggosok dinding bak atau tempat penampungan air, karena larva nyamuk bisa menempel di dinding bak atau tempat penampungan air tersebut.

Menutup, yaitu dilakukan dengan menutup semua tempat penyimpanan air

Mengubur, yaitu dilakukan dengan mengubur barang-barang yang tidak terpakai.  Namun, hal yang lebih tepat adalah melakukan daur ulang barang bekas menjadi barang yang berguna, karena barang-barang yang dibuang belum tentu cepat hancur.

2. Memasang jala nyamuk di semua jendela

Hal ini dilakukan agar mencegah nyamuk masuk ke rumah lewat jendela.

3. Menggunakan larvasida

Larvasida atau racun larva serangga digunakan pada vas ataupun tempat wadah air, dilakukan minimal satu bulan sekali untuk menghambat perkembangan jentik nyamuk.

4. Membersihkan dan mengosongkan saluran air

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyumbatan saluran air, yang akan mendorong perkembangan jentik nyamuk.

5. Memelihara predator jentik nyamuk

Memelihara ikan di kolam, akan mencegah perkembangan jentik nyamuk, karena akan dimakan oleh predatornya, yaitu ikan.

Guys, demikianlah keunikan nyamuk dan cara meminimalkan perkembangan nyamuk.  Setelah memahami hal ini, maka peran serta kita sebagai anggota masyarakat, Guys, diharapkan untuk mengurangi tingkat perkembangan nyamuk di lingkungan sekitar kita.

Bagaimana pendapatmu tentang artikel ini, Guys?  Tolong diisi di kolom komentar....







10 komentar:

  1. Wah aku baru tahu kalau nyamuk bisa mendeteksi CO2, ilmu baru nih😍

    BalasHapus
  2. Masya Allah, ternyata setiap ciptaan Allah mempunyai kelebihannya masing-masing dan sangat luar biasa. Bahkan, seekor nyamuk yang sering disepelekan mempunyai fakta-fakta mengejutkan yang bikin terpana.

    BalasHapus
  3. Dibalik segala kekhawatiran manusia akan penyakit mematikan yang ditimbulkan oleh nyamuk..ternyata nyamuk punya berbagai keunikan ya...TFS mbak

    BalasHapus
  4. Wah bnyk banget mata nyamuk yak 100 biji mknya klu kita mau menyergap susa. Hehe

    BalasHapus
  5. Wah bnyk banget mata nyamuk yak 100 biji mknya klu kita mau menyergap susa. Hehe

    BalasHapus
  6. Fix, gak heran kalau nyamuk lincah dan awas banget dari gebukan manusia. Matanya aja ada 100, kok.Nambah pengetahun nih, karena jujur aja aku baru tahu.

    BalasHapus
  7. Pantas punya 100 mata, susah dikeplaknya. Musti waspada nih apalagi pergantian musim seperti sekarang. Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  8. Wah ternyata banyak keunikan nyamuk yang belum diketahui yaa. Masya Allah informasi yang amat baru dan Alhamdulillah Berguna banget. Makasih ya, mbak

    BalasHapus
  9. Banyak pengetahuan baru bagi saya. Baru tahu kalau nyamuk memiliki 100 mata, dan bisa juga mendeteksi keberadaan manusia dari CO2 yang kita keluarkan. Sungguh Allah Maha Kuasa, ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Benar Mb Eva, saya lebih setuju dengan mendaur ulang barang. Daripada mengubur atau membuang barang, karena akan menyebabkan masalah lingkungan yg baru.

    BalasHapus