Google, Womenwill, dan Pelatihan Digital Bagi Wanita UKM

Womenwill didukung oleh Google Indonesia menginisiasi kegiatan bagi wanita pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berupa kegiatan pelatihan pengenalan digital dan pelatihan Manajemen.    Pelatihan ini diberikan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 22 dan 23 Juni 2019 di Ariobimo Sentral, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Womenwill by Google

Sumber: Womenwill
Womenwill adalah program yang diinisiasi oleh Google untuk menciptakan peluang ekonomi bagi perempuan.  Selain di Indonesia, Google menghadirkan program ini di 4 negara lainnya, yaitu Brazil, India, Jepang, dan Meksiko.  

Ternyata berdasarkan data Womenwill, 93% wanita Indonesia memiliki akses internet melalui seluler, namun, 52% wanita tidak tahu cara menemukan apa yang dicari di internet, hal ini mendorong program agar wanita pengusaha UKM Indonesia  menjadi 'melek internet'.

Promosi Bisnis dengan Memanfaatkan Digitalisaso

Kelas Womenwill ditujukan untuk membentuk masa depan bisnis Indonesia, di kelas ini para wanita pengusaha dapat menjalin hubungan dengan sesama wirausaha, berbagi dengan wanita pengusaha yang telah sukses untuk menjadi inspirasi sukses, dan juga dapat meningkatkan keterampilan digital pengusaha UKM.  Selain yang sudah menjadi pengusaha, wanita yang baru berniat untuk menjadi pengusaha pun diberi kesempatan untuk mengikuti training di Womenwill sesuai dengan tingkat pengetahuannya.

Di Indonesia, Womenwill melaksanakan kegiatatan pelatihan di 15 kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, dan Bali, lho!  Namun, Womenwill juga memberi kesempatan, lho, bagi komunitas wanita yang ingin mengundang tim besutan Google ini untuk memberikan pelatihan di tempat! 

Pelatihan Pengenalan Digital

Pemateri hari pertama  adalah Hani Khaerunnisa, fasilitator dan juga pemilik Aghniya House by HaniKhaer.
Tantangan bagi Pengusaha Wanita UKM

Materi yang diberikan pada hari pertama meliputi kisah sukses dna tips mengelola usaha untuk pengusaha wanita, melatih kemampuan berkomunikasi, manfaat pemasaran digital bagi bisnis.

Materi ini sangat bermanfaat bagi wanita pemilik UKM yang disasar oleh Womenwill by Google ini.  Pada sesi ini, para peserta dikenalkan dengan pengusaha-pengusaha wanita yang sukses dengan cara memanfaatkan kemampuan digital mereka.  Beberapa pengusaha wanita yang videonya ditayangkan adalah Aprilia Melissa Kristiawan Tarigan yang membangun bisnis fotografi (Papyrys Photo), restoran, dan cafe yang menggunakan Teknologi Informasi.  Pengusaha wanita berikutnya adalah Nova Dewi Setiabudi Mathovani yang memiliki Kafe Suwe Ora Jamu dengan memanfaatkan perangkat digital dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Berikutnya adalah materi kemampuan berkomunikasi, kemampuan komunikasi adalah hal yang penting untuk dipahami, karena pengusaha berhubungan dengan pelanggan, dan pihak-pihak yang berkepentingan.  Tentunya kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tertulis harus menjadi perhatian yang penting pengusaha UKM, agar dapat menjalin komunikasi yang efektif.  Satu media yang dapat menjadi pembelajaran adalah Google Primer, di sini dapat ditemukan banyak artikel bermanfaat untuk pengembangan bisnis.

Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Manajemen

Pemateri hari kedua adalah Wardah Fajri dan Wiwi Aoqutiat.
Materi yang diberikan pada hari kedua adalah pemanfaatan media sosial, email dan Google Kalendar bagi pengembangan bisnis, media sosial untuk bisnis.keterampilan bisnis yang penting untuk mengembangkan bisnis, serta pelatihan Manajemen yang terdiri dari Komunikasi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan.

Pengusaha Wanita UKM perlu Mengikuti Trend Sosial
Pada sesi pertama hari ini dibahas tentang pemanfaatan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan blog untuk pemasaran produk.  Materi yang dibahas antara lain tentang membuat konten yang efektif di media sosial, target pasar di media sosial, kesadaran membangun brand (merk), membuat konten di media sosial yang efektif.

Kualitas Konten Media Dosial Berpengaruh Terhadap Promosi Bisnis
Pada sesi berikutnya dipandu oleh Wii Aoqutiat, yaitu tentang pentingnya Manajemen Bisnis, analisa SWOT bagi bisnis, tantangan yang dihadapi oleh pemimpin wanita.  Materi berikutnya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, yang membahas tentang karyawan dan pemimpin, Manajemen Operasional, serta Manajemen Pemasaran.

Pengusaha Wanita UKM perlu memahami Manajemen
Semua materi yang dibahas sangat dibutuhkan oleh pengusaha wanita UKM dalam mengembangkan bisnis mereka yang pada umumnya memiliki modal tidak terlalu besar.  Melalui pemanfaatan digital (media sosial, internet) maupun peningkatan kemampuan manajemen, meningkatkan skala ekonomi wanita UKM Indonesia.

Memang pelatihan ini tidak cukup sampai disini, perlu ada pendampingan yang lebih intens dalam mengembangkan pengusaha wanita UKM Indonesia agar meningkatkan kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.  Terimakasih Womenwill, terimakasih Google, semoga partisipasinya dapat mendorong perkembangan pengusaha wanita UKM Indonesia jauh lebih baik di masa yang akan datang.

Friends, bagaimana pendapat kalian tentang Womenwill by Google?  Apakah kalian ingin dapat berkontribusi pada pelatihan ini?  Silahkan diisi di kolom komentar....





21 komentar:

  1. Waah dituliskan di blog. Terima kasih yaaaaa. Kalau menurut kamu gmn pelatihannya? Dapet wawasan baru apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pelatihannya oke bangaet, menambah pengetahuan baru bagi UKM, mungkin usulannya perlu adanya pelatihan lanjutan yang lebih kepada aplikasi dari pengetahuan, terimakasih mbak @Wawaraji

      Hapus
  2. Beruntung sekali bisa dapat pelatihan ini ternyata google peduli UKM juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah... UKM juga bisa menggunakan fasilitas yang ada di Google, seperti fasilitas belajar, yaitu Google Primer

      Hapus
  3. Wow, keren sekali womenwill ini. Pengen dong beekontribusi juga. Pasti seru sekali bisa menambah wawasan, network, dan kesempatan berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak Dwi, nanti kalau ada pelatihan dari Google, aq info di WAG yaaa

      Hapus
  4. Terima kasih atas ulasannya 😍
    Semoga semakin banyak sahabat yang mengikuti kelas-kelas WomenWill dan.mendapatkan manfaat dari kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih juga atas trainingnya ya mbak Wiwi...

      Hapus
  5. Aku mah mupeng banget, Mbak. Tapi memang aku blm punya usaha yang sifatnya riil, jadi masih sebatas momen aja. Nanti kalau ada peluang lagi aku pengin ikutan. Sekalian nunggu anak-anak bisa ditinggal terutama yg bontot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada koq sesi pelatihan bagi wanita yang baru berminat buat UKM, mbak Damar

      Hapus
  6. Perempuan memang harus dibekali dengan wawasan dan kemampuan mumpuni mba, karena bisa jadi senjata untuk masa depan. Nggak cuma untuk aktualisasi diri aja, tapi juga produktif menghasilkan rupiah dan bisa ikut mendukung suami menopang ekonomi keluarga ya.. daripada mainan gadget doang nggak ada manfaatnya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...betul...betul, perempuan itu sebenarnya punya banyak kemampuan, hanya perlu menggali lebih dalam potensi diri masing-masing, mbak Bety

      Hapus
  7. Masyaallah keren banget sih Womenwill inih. Duh duh jadi pengen juga nih masuk dalam womenwill secara google aja salah satu perusahaan terbesar dunia ya. Apalagi pelatihan dari mereka. Tentu perempuan akan lebih melek akan bisnis. Mupeng laah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau ada info pelatihan dari Womenwill lagi aq info di WAG ya mbak Steffi

      Hapus
  8. Womenwill by Google..keren bangets ini. Semoga makin banyak pelaku UMKM yang terbantu dan usahanya kian maju.
    Sukses buat usahanya ya Mbak Eva

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin, terimakasih mbak Dian

      Hapus
  9. Acara yang keren, nih!
    Semoga semakin banyak perempuan yang bisa jadi pengusaha sukses dan berwawasan luas mengenai digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Nurul, Aamiin...Aaamiin Yaa Rabbal 'Alamiin

      Hapus
  10. Wah, keren banget nih. Pengin juga ikutan kalau ada lagi.

    BalasHapus
  11. Adakah syarat tertentu untuk ikut di pelatihan google selain memiliki UKM?

    BalasHapus
  12. Womanwill emang keren banget, bisa jadi wadah memperluas jaringan. Kebetulan pernah ikut yang di Palembang.

    BalasHapus