Joeragan Artikel, Belajar, Bersosialisasi, dan Berbisnis

Belajar dan membaca adalah hal yang saya sukai.  Pernah bekerja dan kemudian memutuskan untuk memiliki bisnis rumah makan yang akhirnya mengalami kebangkrutan, hal yang sangat membuat sesak, betapa tidak, hampir seluruh tabungan sudah tercurahkan ke bisnis ini ditambah dengan hutang bank yang melilit pinggang.

Namun semua itu tidak menyurutkan hasrat untuk belajar, sampai akhirnya bertemu dengan komunitas menulis yang dibina oleh Joeragan Artikel (JA) terdiri dari emak-emak kece, kreatif, dan suka berbisnis tentunya.

Bergabungnya saya dengan JA, dimulai dengan belajar menulis artikel untuk dimuat di media online.  Bagi saya, bergabung dengan JA memberikan banyak manfaat.

Apa saja ya manfaat bergabung dengan JA?


1. Materi yang menarik
Materi yang pernah saya ikuti, yaitu jebol media, materi yang menjelaskan tentang membuat artikel, sehingga bisa dimuat di media, khususnya media online, seperti takaitu.net.  Yang buat bangga adalah 3 buah artikel saya dapat dimuat di media online dengan target pasar remaja tersebut.   Hal ini makin membuat semangat belajar dan bergabung dengan emak-emak yang penuh motivasi di JA.

Ternyata pemateri di training online JA oke-oke, lho, Friends! Pemateri biasanya punya beberapa kegiatan, seperti Piet Genta adalah penulis di beberapa media online, dan juga ghostwriter.  Pemateri Sri Kuswayati atau yang beken dengan Ummi Aleeya sekaligus pendiri JA, selain juga bekerja di sebuah sekolah tinggi di Bandung, hebat, bukan? Saya pernah ikut training membuat Microsite dengan Ummi Aleeya yang sabar sekali menjawab kecerewetan emak-emak peserta training yang kerap mengalami kesulitan.  Namun kesabarannya membuahkan Microsite cantik karya emak-emak, hebat, bukan?

3. Adanya masa pendampingan
Nah, ini yang berbeda dari tempat training online lainnya.  Di JA, peserta memiliki masa pendampingan untuk memiliki karya yang biasanya selama seminggu.  Pada masa itu, peserta dapat berkonsultasi tentang karya yang sedang dibuat sampai jadi

4. Adanya komunitas alumni
Komunitas alumni JA menjadi wadah bagi alumni training online untuk lebih mengoptimalkan kemampuan dan mengembangkan kemampuan menulis serta bisnis yang mereka miliki.  Seperti adanya komunitas blogger, dimana sesama pemilik blog melakukan blog walking/membaca artikel di blog rekannya serta memberikan komentar yang membangun untuk artikel rekan bloggernya.  Ada juga komunitas pemasaran bersama yang saling mensupport pemasaran  bisnis rekannya.

Buku Antologi dengan judul Bukan Matahari Terakhir, Kartini Era Milenial
Sampai saat ini saya sudah punya 2 blog, https://www.catatanevalina.com dan https://educationartikeltips.blogspot.com, 1 microsite bisnis, sedang proses membuat 3 buah buku antologi dengan 24 rekan lainnya dengan tema Kartini milenial, Umroh, dan Hijrah.  Terimakasih Joeragan Artikel, semoga dapat semakin banyak menginspirasi wanita Indonesia.

Saya sudah gabung dengan Joeragan Artikel, kalau kamu kapan gabung, Friends?









2 komentar:

  1. Baru denger tentang Juragan Artikel. Ini komunitas penulis? Atau komunitas blogger?

    BalasHapus
  2. Aku juga pingin ikutan training ini mbak. Tapi masih galau. Takut gabisa ngikutin kelasnya. 🙈

    BalasHapus