Anies Baswedan Luncurkan #RuangBacaJakarta, Gerakan Menggugah Minat Baca Warga


Anies Baswedan menggagas banyak ide yang mendorong Jakarta menjadi bagian dari kota global.  Salah satunya adalah peluncuran #RuangBacaJakarta pada tanggal 8 September 2019 ini.  Mengapa #RuangBacaJakarta?  Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi Jakarta yang mendunia, dilakukan dengan cara menggugah minat baca warga, sehingga mencapai tingkat literasi yang tinggi.

Peluncuran #RuangBacaJakarta, Menggugah Minat Baca Warga


#RuangBacaJakarta
Sumber: FB @Anies Baswedan

Meluncurkan #RuangBacaJakarta di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia (HI), Anies menjelaskan ini adalah gerakan membaca di ruang-ruang publik Jakarta.  Gerakan ini mengajak warga untuk membaca di kereta MRT Jakarta jurusan Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus.

Membaca di Kereta MRT
Sumber: FB @Anies Baswedan

Untuk mendorong minat baca warga Jakarta, khususnya bagi penumpang MRT,  pihak MRT Jakarta menyediakan rak-rak tempat penyimpanan buku di setiap stasiun.  Warga bisa mengambil buku di setiap  stasiun, kemudian membacanya dalam perjalanan di kereta, serta mengembalikan buku tersebut di stasiun tujuan.

Dalam akunnya di FB, Anies yang pada saat peluncuran gerakan tersebut membaca kisah-kisah inspiratif, berpesan agar membaca menjadi kebiasaan dalam mengisi waktu senggang di Ratangga.

Kesempatan untuk Turut Menyumbang Buku Bagi Warga


Drop Box #RuangBacaJakarta
Sumber: FB @Anies Baswedan

Selain itu, pihak MRT akan membuka micro library di Stasiun Dukuh Atas, di bawah jalan Kendal menurut Direktur Utama PT. MRT, William Sabandar. Ternyata, masyarakat bisa, lho, turut menyumbang buku dengan cara meletakkan buku-buku tersebut di drop box yang telah disediakan.  Karena waktu membaca yang singkat, maka disarankan buku yang disumbangkan adalah buku yang dapat dibaca pada waktu yang tidak terlalu lama.

Harapan Anies, gerakan #RuangBacaJakarta dapat menular ke fasilitas umum atau pun ruang publik lainnya di Jakarta, sehingga akan lebih meningkatkan budaya membaca warga Jakarta.

Yuk, kita dukung peningkatan budaya membaca  melalui gerakan #RuangBacaJakarta bagi warga Jakarta khususnya, dan bagi warga Indonesia pada umumnya!




9 komentar:

  1. Kalau baca di kereta asyiknya bukunya yang handy, nggak terlalu besar... Semoga minat baca masyarakat terus tumbuh...

    BalasHapus
  2. Keren banget pak Anies ya, programnya kece semua, zaman sekarang minat baca masyarakat memang kudu di angkat lagi biar lebih baik lagi.
    Sayang banget generasi sekarang leih senang main ketimbang baca :D

    BalasHapus
  3. Semoga buku-bukunya tetap terjaga dengan baik. Soalnya kurang suka kalau baca buku, bukunya lecek-lecek. Tapi keren inovasinya pak anies. Semoga semakin banyak orang yang kembali mencintai buku, aamiin ☺

    BalasHapus
  4. Jadi pengin naik MRT dan memyumbangkan bukuku. Konsepnya emang keren untuk meningkatkan minat baca.

    BalasHapus
  5. alhamdulillah angin segar banget pas tau pak Anies meresmikan space untuk ruang baca ini d area MRT, semoga menyebar juga k transjakarta atau commuter line, karena aku jarang sih pake MRT, kecuali kalo lagi k daerah blok M hihi

    BalasHapus
  6. Programnya Pak Anies keren banget. Kalo ke Jakarta mampir ikutan baca aah

    BalasHapus
  7. Minat baca memang harus selalu dilestarikan. Smoga programnya selalu bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Wah, bagus juga inovasinya. Mengadakan ruang baca di MRT biar waktu senggang terpakai membaca. Salut sama Pak Anies ini. Bersyukur warga Jakarta gubernurnya beliau

    BalasHapus
  9. Menarik. Harus ke sana juga ah. Program nya bagus ya Mba.

    BalasHapus